-->

Informasi Mengenai Awas, Keseringan Minum Obat Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal | Milagrosindo

Obat sebagai penyelamat Anda waktu sakit. Saat Anda pusing, demam, batuk, pilek, nyeri, pegal-pegal, atau masalah kesehatan lainnya yg menciptakan Anda nir nyaman, Anda niscaya eksklusif mencari obat tanpa resep dokter pada apotek atau toko obat. Obat-obatan ini bahkan mungkin seringkali Anda bawa ke mana saja, waktu Anda bepergian, sebagai antisipasi apabila merasa sakit. Namun, hati-hati lantaran pemakaian obat-obatan tentu dapat membawa pengaruh pada tubuh Anda, termasuk dalam ginjal. Efek obat dalam ginjal ini dapat menjadikan jelek dalam kesehatan Anda secara keseluruhan.

Bagaimana dampak obat pada ginjal?

Ginjal adalah organ yang bertugas menjadi penyaring (filter), mengeluarkan residu-residu zat yg tidak diharapkan tubuh lagi. Di pada ginjal masih ada jutaan struktur mini atau unit penyaringan yang disebut menggunakan nefron. Nefron ini membantu ginjal menyaring hingga 200 liter darah pada sehari.

Obat dan produk akhir dari obat merupakan salah satu zat yang disaring oleh ginjal. Saat Anda minum obat, obat akan larut dalam usus dan terserap ke dalam aliran darah. Selanjutnya, obat akan sampai ke ginjal dan disaring oleh ginjal untuk diserap kembali ke dalam aliran darah. Maka tidak heran bila ginjal yang terus terpapar dengan obat-obatan dosis tinggi dapat mengalami kerusakan.

Dosis obat yang tinggi dapat memiliki efek berbahaya pada jaringan dan struktur ginjal. Beberapa cara obat memengaruhi ginjal adalah:

  • Dengan mengurangi aliran darah ke ginjal dengan cara mengecilkan pembuluh darah
  • Mengganggu aliran urin
  • Menyebabkan luka pada ginjal
  • Menyebabkan reaksi alergi yang dapat merusak ginjal

Kerusakan ginjal bisa membuat kerja ginjal menjadi nir efisien pada menyaring berbagai zat setiap hari, termasuk racun. Racun yang harusnya dibuang oleh ginjal, malah tidak terbuang & akhirnya menumpuk pada banyak sekali jaringan dalam tubuh.

Obat-obatan apa saja yg lebih berisiko menyebabkan kerusakan ginjal?

Walaupun semua obat dapat menyebabkan kerusakan ginjal apabila digunakan secara hiperbola, akan tetapi ada beberapa jenis obat yg lebih bisa menaikkan risiko kerusakan ginjal. Obat-obatan tersebut adalah:

  • Obat penghilang rasa sakit, seperti acetaminophen, serta aspirin dan ibuprofen (termasuk dalam golongan obat nonsteroid antiperadangan)
  • Antibiotik, seperti aminoglycosides, cephalosporins, sulfonamides, amphotericin B , bacitracin , dan vancomycin
  • Obat tekanan darah tinggi tertentu, seperti captopril, lisinopril, ramipril, candesartan, dan valsartan
  • Obat yang digunakan untuk kemoterapi, seperti cisplatin, carboplatin, methotrexate, cyclosporine, dan tacrolimus
  • Obat rematik, seperti infliximab
  • Obat asam lambung, seperti cimetidine

Bagaimana mencegah pengaruh obat dalam ginjal?

Penggunaan obat mungkin nir dapat Anda hindari. Obat dapat membantu Anda buat meredakan rasa sakit yg Anda rasakan. Namun, terlalu banyak atau sering minum obat pula buruk bagi kesehatan ginjal Anda.

Orang yang tak jarang mengonsumsi poly obat di masa mudanya dapat mempunyai risiko kerusakan ginjal yg lebih tinggi pada usia tua. Orang yang lebih tua pula bisa memiliki reaksi yg lebih kuat terhadap obat lantaran fungsi ginjal makin menurun, sehingga dosis obat perlu dikurangi.

Selain itu, orang yang menderita diabetes atau penyakit jantung yang sering minum obat juga dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal. Tak hanya obat, konsumsi suplemen yang terlalu sering juga berhubungan dengan kerusakan ginjal.

Untuk mengurangi risiko kerusakan ginjal, Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

  • Hindari pengobatan sendiri, tanpa berkonsultasi dengan dokter
  • Biasakan untuk selalu membaca label, petunjuk penggunaan obat, dan peringatan sebelum Anda minum obat, terutama obat bebas tanpa resep dokter
  • Jangan biasakan diri Anda untuk selalu minum obat dalam kondisi tertentu, seperti obat tidur atau obat penghilang rasa sakit. Jangan terlalu sering atau ketergantungan dengan obat.
  • Konsumsi obat jangka panjang sebaiknya dalam pengawasan dokter
  • Minum air secukupnya untuk membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Jangan sampai Anda mengalami dehidrasi saat menggunakan obat-obatan.
  • Jangan minum minuman beralkohol
  • Hindari minum obat penghilang rasa sakit saat hamil

Sayangilah ginjal anda..

Milagros Adalah air yang sangat direkomendasikan sebagai air yang berkualitas untuk menjaga fungsi  ginjal kita.

MASIHKAH KITA BERFIKIR PANJANG TENTANG HARGA JIKA ITU SANGAT KITA BUTUHKAN UNTUK MENJAGA KESEHATAN DAN FUNGSI ORGAN GINJAL YG SANGAT PENTING BAGI TUBUH KITA.

BACA JUGA "PENYAKIT GINJAL"

Salam Sehat, Sukses, & Sejahtera buat kita seluruh.

0 Response to " Informasi Mengenai Awas, Keseringan Minum Obat Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal | Milagrosindo "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel